WELCOME TO MY BLOG AISYAH CERITA HATI

16 Nov 2010

* Manusia pertama yang melakukan Sholat *

Subuh: Manusia pertama yg mengerjakan shalat Subuh ialah Nabi Adam a.s. Yaitu ketika Nabi Adam keluar dari surga lalu diturunkan ke bumi. Hal pertama yang dilihatnya ialah kegelapan dan Nabi Adam merasa takut yang amat sangat. Apabila fajar subuh telah keluar, Nabi Adam a.s pun bersembahyanglah dua rakaat.

Zuhur: Manusia pertama yg mengerjakan shalat Zuhur ialah Nabi Ibrahim a.s. yaitu takkala Allah swt telah memerintahkan padanya agar menyembelih anaknya. Nabi Ismail a.s. Seruan itu datang pada waktu tergelincir matahari, lalu sujudlah Nabi Ibrahim sebanyak empat rakaat.

Ashar: Manusia pertama yg mengerjakan shalat Ashar ialah Nabi Yunus a.s. ketika dikeluarkan oleh Allah swt, dari perut ikan Nun. Ikan Nun telah memuntahkan Nabi Yunus a.s. ditepi pantai. Sedang ketika itu telah masuk waktu Ashar. Maka bersyukurlah Nabi Yunus a.s. lalu bersembahyanglah empat rakaat karena telah diselamatkan oleh Allah swt, dari pada empat kegelapan.

Magrihb: Manusia pertama yg mengerjakan shalat Maghrib ialah Nabi Isa a.s. yaitu ketika Nabi Isa a.s. dikeluarkan oleh Allah swt, dari kejahilan dan kebodohan kaumnya, sedang waktu itu telah terbenamnya matahari. Bersyukur Nabi Isa a.s. lalu bersembahyanglah tiga rakaat karena diselamatkan dari kejahatan tersebut.

Isya': Manusia pertama yg mengerjakan shalat Isya' ialah Nabi Musa a.s. Ketika itu, Nabi Musa telah tersesat mencari jalan keluar dari negeri Madyan, sedang dalam dadanya penuh dengan perasaan dukacita. Allh swt menghilangkan semua perasaan dukacitanya itu pada waktu Isya' yang akhir. Lalu bersembahyanglah Nabi Musa empat rakaat sebagai tanda bersyukur

Tidak ada komentar: